Judul Buku

Penerbit

Tahun Terbit

ISBN

Penulis

: Semantik Bahasa Arab

: UQIPress

: 2020

: 978-602-52662-7-0

: Dr. Muh. Abrar, M.Pd.

Semantik merupakan salah satu cabang dari ilmu bahasa dipandang sebagai puncak dari studi bahasa meskipun ia lahir belakangan jika dibandingkan dengan munculnya ilmu bahasa yang lain seperti fonologi, sintaksis, dan ilmu-ilmu bahasa lainnya. Sebagai salah satu cabang dari ilmu bahasa yang mengkaji makna, semantik pada mulanya kurang diperhatikan orang karena obyek studinya, yaitu makna yang dianggap sulit ditelusuri dan dianalisa strukturnya berbeda dengan morfem atau kata sebagai obyek kajian dalam morfologi yang strukturnya tampak jelas. Namun dewasa ini semantik banyak dikaji orang dan dipandang sebagai komponen bahasa yang tidak dapat dilepaskan dari pembicaraan linguistik. Oleh sebab itu, tanpa pembicaraan makna pembahasan liguistik belum dianggap lengkap karena sesungguhnya tindakan bahasa itu tidak lebih dari upaya untuk menyampaikan makna-makna. Dalam bahasa Arab kajian mengenai makna ini dikenal dengan istilah ilmu dala>lah, pembahasan mengenai ilmu ini sering dikaitkan dengan sejarah muculnya perkamusan dalam bahasa Arab. Hal ini dapat dimengerti karena memang salah satu dari fungsi kamus itu sendiri adalah mengungkap makna-makna yang belum jelas.


Linguis Arab adalah juga sebagai orang-orang yang ahli dalam bidang agama, seperti dalam bidang tafsir, hadis, teologi, dan fikih. Di antara usaha para linguis Arab untuk memahami dan menggali rahasia-rahasia  al-Qur’a>n  pada  abad-abad permulaan Islam adalah penghimpunan kata-kata dan ungkapan Arab serta analisis makna yang terkandung dalam kata atau ungkapan itu, untuk membantu orang-orang yang ingin mencari makna kata atau ungkapan yang tidak dipahami dalam upaya menggali isi al-Qur’an, hadis Nabi, dan buku-buku agama ainnya yang berbahasa Arab. Usaha para linguis Arab dalam mengkaji masalah makna atau semantik  ini sudah dimulai sejak  abad kedua  hijriah  dengan disusunnya sebuah kamus oleh al-Khalīl bin Ah}mad  al-Farahidī yang diberi nama kitab> al-'Ayn sesuai dengan kata pertama dari urutan entrinya yang disusun berdasarkan urutan makhraj bunyi dari h}alq (tenggorokan) sampai ke bibir, misalkan hurufnya:


ﻩز \ ث ذ ظ\ خ د ط \ ش ﺲﺻ\ ﺾﺷ ج \ ك ق \ غ خ ح ع ى أ و \ ب\ ف \

 

Untuk mendapatkan arti yang tepat dari suatu kata dalam ayat Alquran umpamanya, mereka tidak segan-segan untuk mengadakan perjalanan jauh pergi ke daerah pedalaman Jazīrah Arab yang dianggap bahasanya masih murni, terhindar dari pengaruh bahasa lain.