Manajemen Dakwah



Profil Jurusan Manajemen Dakwah

Jurusan Manajemen Dakwah adalah program studi yang mempelajari manajemen dalam dunia dakwah Islam. Jurusan ini mempersiapkan lulusan lebih dari sebatas menjadi penceramah. Jadi di samping mempunyai wawasan agama Islam, lulusan manajemen dakwah akan memiliki kemampuan untuk mengelola lembaga keagamaan, Lulusannya mempunyai peluang bekerja di lembaga keagaman pemerintah dan juga instansi non kedinasan lainnya. Termasuk lembaga zakat, infaq shodaqoh dan wakaf (ZISWaf), wisata religi, biro haji dan umrah.

Manajemen dakwah merupakan program studi Strata 1 (S1), dengan masa perkuliahan sampai 4 tahun dengan jumlah SKS maksimal 152. Jurusan ini berada di bawah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Ummul Quro Al Islami dengan gelar S.Sos.

Visi:


"Menjadi Program Studi Manajemen Dakwah yang unggul dalam pengkajian Manajemen Dakwah yang berbasis Ahlu Sunnah wal Jamaah"

Misi:

1.     Menyelenggarakan pengkajian konsep-konsep baru dan pengembangan keilmuan Manajemen Dakwah.

2.     Fungsionalisasi Lembaga dakwah dalam bidang Kemasjidan (Islamic Center), ZISWAF, Haji dan Umrah, dan organisasi keislaman yang professional.

3.     Mengembangkan studi dan riset untuk meningkatkan daya guna dalam menjawab kebutuhan Masyarakat.

4.     Menjalin kerjasama yang produktif dengan institusi baik di dalam atau luar negri.

5.     Mewujudkan sarjana muslim yang unggul sebagai pengelola dalam bidang Manajemen Dakwah yang berjiwa Islam Moderat.

Tujuan:

1.    Memiliki kemampuan praktis dan analitis di bidang Manajemen Dakwah, terutama pada tiga konsentrasi, yaitu Haji dan Umroh, filantrofi (Ziswaf) dan Manajemen Islamic Center.

2.    Mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Masyarakat

3.     Mampu memanfaatkan IPTEK, terutama Teknologi Informasi dan Manajemen untuk mendukung profesi yang digeluti dan berkontribusi dalam Masyarakat

4.    Mampu merancang program maupun kegiatan dalam bidang Haji dan Umroh, filantrofi (Ziswaf) dan Manajemen Islamic Center. untuk mendukung terciptanya masyarakat informasi sesuai dengan visi prodi.

Kenapa Harus Memilih ProdiManajemen Dakwah?


1.    Kamu bisa mendalami ilmu agama Islam lebih jauh. Bukan hanya satu cabang ilmu, tetapi cukup banyak. Seperti fikih, Qur’an, hadits, bahasa Arab, sejarah Islam, dan lain sebagainya

2.    Selain mempelajari ilmu agama, kamu juga akan mendapatkan keterampilan manajemen. Seperti manajemen keuangan, sumber daya manusia (SDM), operasional, dan pemasaran.

3.    Prospek kerja yang cukup luas, mulai daribekerja di kementerian agama. Lembaga Keuangan Islam, lembaga zakat dan wakaf, biro haji dan umrah, dan masih banyak lagi.

4.    Mahasiswa juga akan dibekali dengan kemampuan berbisnis. Sehingga lulusan manajemen dakwah dapat menggeluti dunia wirausaha setelah menyelesaikan studi.

5.    Terdapat mata kuliah yang khusus berkaitan dengan wisata religi. Cocok bagi kamu yang tertarik bekerja di dunia travel dan pariwisata (Haji dan Umroh).

6.    Kamu dapat ikut serta memajukan dunia dakwah Islam. Dengan mengembangkan kelembagaan agama mengikuti perkembangan teknologi.